Thursday 6 November 2014

SPR-2 Kal. 12.7 mm

Senapan sniper PT. Pindad yang menggemparkan dunia internasional

  
PINDAD SPR 2 Cal 12,7 mm adalah senapan anti materil anggota senapan array presesi tinggi yang dihasilkan oleh PT PINDAD. SPR 2 adalah senapan tembakan tunggal, aksi baut dengan penglihatan optik dan a malt baffle muzzle brake untuk mengurangi kekuatan hentakan. untuk pengguna individu dapat dibuat dari bipod. Ketika senjata dalam keadaan siap tembak pilihan dan beberapa penyesuaian stok pelengkap dapat ditambahkan dibawah perakitan stok untuk panjang.Stok butt memiliki alas karet buttyang dapat disesuaikan untuk tinggi. Biasany sistem ditujukan untuk penglihatan teleskopik 10 x 5, penglihatan malam dapat digunakan dengan kedua senapan. The SPR2 adalah bilik catridge 12,7 x 99 mm (0.50 Browning). Ini cukup akurat untuk memungkinkan latihan penembakan di 1500 m. Pegangan pistol polimer agronomik bagi pengguna.

PT Pindad telah mampu memproduksi senapan sniper SPR 2. Hebatnya, senapan penembak jitu ini cuma mampu diproduksi oleh segelintir negara di dunia. "Di dunia kurang dari 4 negara yang mampu buat. Itu Amerika dan Eropa, nggak enak kita sebut namanya dia di sini juga," kata Kadep Komunikasi Pindad Sena Maulana di JIExpo Kemayoran Jakarta, Rabu (5/11).

 

Senapan sniper SPR-2 ditakuti oleh banyak negara termasuk negara-negara maju. Ternyata, senjata tersebut dibuat oleh PT Pindad (Persero). "Jaraknya bisa sampai 2 km, sudah diketahui oleh berbagai negara. Pelurunya ditakuti, 12,7 mm anti material," ujar Humas Pindad, Sena Maulana di Jakarta, Rabu (5/11), seperti dikutip dari Detik.com.
Sena merinci, peluru anti material itu bisa menembus lapis baja. Saat peluru ditembakkan dan menembus material, peluru tersebut akan terbakar dan meledak di lokasi sasaran tembak. Senjata itu banyak dipakai TNI seperti Kopassus dan Kavaleri.

Senapan sniper SPR-2 diperkenalkan PT PT Pindad dalam pameran alutista internasional yang diselenggarakan oleh Kementerian Pertahanan di JIExpo Kemayoran, Jakarta, dari tanggal 5-8 November mendatang. Pameran diikuti oleh berbagai stakeholder dan perusahaan persenjataan serta pengunjung dari negara asing. Pameran baru dibuka untuk umum di hari terakhir, Sabtu, 8 November.

PT PINDAD adalah perusahaan industri dan manufaktur yang bergerak dalam pembuatan produk militer dan komersial di Indonesia. Pindad telah memproduksi berbagai jenis senjata mulai dari senjata laras panjang, senjata genggam, pistol, dan peralatan tempur lainnya. Awal 1983 Pindad resmi menjadi badan usaha milik Negara (BUMN)

 Peluru Anti material yang mampu menembus baja, terbakar dan meledak.

Sumber : Merdeka.com dan Bacaini.com

Spesifikasi

Detail Description
Calibre 12.7 x 99 mm
Overall length 1755 mm
Barrel length 1055 mm
Feed 5 rounds
Max. Total Weight 19.5 kg
Rifling 8 grooves, RH 381 mm(15”) twist
Sight Optical
Muzzle velocity : 900 m/s
Max. effective range 2000 m                                    

No comments: